Tetaplah Bersih

Rabu, 02 November 2011


Baca: Mazmur 119:9-16
Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. —Mazmur 119:11

Dalam perjalanan dinas di Philadelphia, setiap paginya saya berjalan melewati Broad Street menuju Balai Kota untuk naik kereta bawah tanah. Setiap hari saya melalui barisan orang yang sedang mengantri sesuatu. Mereka beragam dalam usia, suku bangsa, dan penampilan. Setelah tiga hari terheranheran melihat barisan itu, akhirnya saya bertanya kepada seseorang di tepi jalan mengapa orang-orang itu berbaris. Ia memberitahu saya bahwa mereka adalah para pelanggar hukum yang sedang dalam masa percobaan atau bebas bersyarat. Mereka harus menjalani tes setiap hari untuk membuktikan bahwa mereka bersih dari narkoba.
Hal ini merupakan gambaran gamblang yang menyadarkan saya tentang perlunya saya tetap hidup bersih secara rohani di hadapan Allah. Ketika pemazmur memikirkan bagaimana caranya untuk dapat hidup bersih, ia menyimpulkan bahwa kuncinya adalah dengan merenungkan dan menaati ajaran Allah. “Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau. Terpujilah Engkau, ya Tuhan; ajarkanlah ketetapan-ketetapan-Mu kepadaku. . . . Aku akan bergemar dalam ketetapan-ketetapan-Mu; firman-Mu tidak akan kulupakan” (Mzm. 119:11-12,16).
Di dalam terang firman Allah, kita melihat dosa kita, tetapi kita juga melihat kasih Allah dalam Kristus. “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan” (1 Yoh. 1:9).
Oleh anugerah-Nya . . . tetaplah bersih. —DCM

Tuhan, berilah kami kemampuan untuk mendengar-Mu
Ketika kami mencari kebenaran dalam firman-Mu:
Agar firman-Mu menunjukkan segala dosa kami
Dan membersihkan kami luar dalam. —D. De Haan

Bacalah Alkitab agar berhikmat, percayailah agar selamat, terapkanlah agar hidup kudus.

0 komentar:

Posting Komentar

Persekutuan Remaja 19 Maret